CEK FAKTA: Benarkah Nahdlatul Ulama Ganti Lambang Ditambahkan Salib?


 Beredar narasi yang menyebutkan Nahdlatul Ulama (NU) telah berganti logo. Logo terbaru NU ditambahkan simbol salib.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Tanue Brewok pada Senin (7/9/2020). Pada bagian bawah logo NU diberi keterangan 'NU Protestan Rahmatan Lil Alamin'.
Berikut isi narasi unggahan akun tersebut:
"Alhamdulillah saya masih di NU garis lurus dengan ulama-ulama yang bukan penjilat, maklum ini NU rezim now!!".
Benarkah klaim tersebut?
Fakta NU ganti lambang ditambahkan salib (Turnbackhoax.id)
Fakta NU ganti lambang ditambahkan salib (Turnbackhoax.id)
Penjelasan
Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (8/9/2020), klaim yang menyebut NU telah mengganti logo dan ditambahkan salib adalah klaim yang salah.
Lambang NU dengan tanda salib yang dilingkari simpul tali adalah hasil suntingan atau editan orang yang tidak bertanggungjawab.
Lambang NU yang asli terdiri dari peta Indonesia di dalam bola dunia dan dikelilingi tali yang mengikat dengan untaian tali berjumlah 99 dan lima bintang di atas bumi (yang tengah berukuran paling besar), serta empat bintang di bawah bumi.

Fakta NU ganti lambang ditambahkan salib (Turnbackhoax.id)
Fakta NU ganti lambang ditambahkan salib (Turnbackhoax.id)
Di tengah bumi terdapat tulisan Nahdlatul Ulama dalam huruf Arab dan di bawah bumi ada tulisan NU dalam huruf latin.
Masing-masing simbol dalam lambang NU memiliki makna tersendiri. Peta Indonesia di dalam bola dunia melambangkan sejarah NU yang didirikan di Indonesia

Tali bersimpul yang melingkari bola dunia melambangkan persatuan yang kokoh, kuat dan ikatan dibawahnya melambangkan hubungan manusia dengan Allah SWT, sedangkan untaian tali berjumlah 99 yang melambangkan Asmaul Husna.

Adapun sembilan bintang yang melingkari bola dunia menunjukkan bintang yang paling besar melambangkan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

Empat bintang di atas di atas garis khatulistiwa melambangkan kepemimpinan Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Tholib. Sedangkan untuk 4 Bintang di bawah garis khatulistiwa melambangkan 4 madzhab yang dianut oleh Nahdlatul Ulama, yaitu Imam Hanafi, Iman Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Hambali
Jumlah keseluruhan bintang sebanyak 9 bintang yang melambangkan Wali Songo
Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut NU mengganti lambang dan menambahkan simbol salib adalah klaim yang salah atau HOAKS.
Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. Karena, gambar tersebut telah disunting oleh pihak tidak bertanggungjawab.