Detik-Detik Proklamasi, Pengendara Langsung Berhenti Di Tengah Jalan Beri Hormat Bendera


Dalam memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia di tahun 2020 ini, memang dilakukakan dengan cara berbeda karena masih dalam masa pandemi Corono Covid-19.

Upacara Kemerdekaan HUT ke-75 RI tetap dilaksanakan di Lapangan Istana Mereka, Jakarta pada hari ini (17/8) dengan dihadiri jumlah undangan yang terbatas.

Walaupun begitu, masyarakat Indonesia yang tengah di rumah bisa mengukuti upacara kemderdekaan secara virtual, baik dari siaran televisi ataupun streaming di youtube Sekretariat Presiden.


Selain itu, salah satu Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menghentikan seluruh kegiatan dan aktivitas selama 3 menit pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.


Hal itu dilakukan untuk memperingati detik-detik proklamasi pada HUT Kemerdekaan ke-75 RI.

“Hentikan semua kegiatan dan aktivitas saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit waktu Indonesia Bagian Barat,” ujarnya dalam keterangan persnya, Rabu, 29 Juli 2020.


Baru-baru ini viral video yang memperlihatkan sejumlah pengendara dan pengguna jalan yang berhenti mendadak dan beri hormat ke bendera saat detik-detik proklamasi HUT kE-75 RI. Video itu diunggah oleh akun instagram @wargabanua.

Dalam keterangan unggahan itu dikatakan bahwa kejadian itu berlangsung di Simp. 4 Jl. Merdeka Kota Banjarmasin.

Terlihat momen ketika seluruh pengendara dan pengguna jalan berhenti sejenak melakukan aktivitasnya dan memberi hormat ke bendera. Puluhan orang itu memberi hormat sambil diiringi lagu Indonesia Raya.

Video ini pun viral dan mendapat beragam komentar dari para netizen. Banyak dari mereka yang merasa terharu dengan video tersebut.